Dispersip Tanbu Gelar Lomba Baca Puisi Untuk Tingkatkan Minat Baca Puisi Generasi Muda

Screenshot_1648104544753JPG

(LOMBA BACA PUISI: Para peserta lomba Baca Puisi berfoto bersama usai acara – Foto Dok)

WARTACAKRAWALAMEDIA.COM – Untuk mendorong dan meningkatkan kembali minat baca generasi muda dan seluruh unsur lapisan masyarakat serta menyambut peringatah Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu ke-19, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Final Lomba Baca Puisi se-Kabupaten di Aula Kantor Dispersip di Gunung Tinggi, Rabu (23/03/2022).

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 Wita ini dibuka langsung oleh Plt Kepala Dispersip Tanbu, Muhammad Yusri.
Dalam sambutannya, Muhammad Yusri mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan 
Di samping itu, lanjut dia, kegiatan Lomba Baca Puisi itu juga merupakan bentuk kontribusi Dispersip dalam ikut serta menyambut Hari Jadi Kabupten Tanbu ke-19.

“Sasaran peserta lomba baca puisi ini terbagi menjadi dua kelompok, yakni kategori pelajar setara dengan pelajar tingkat SMP dan kategori umum untuk peserta yang berusia 16 sampai 25 tahun,” katanya.

Pelaksanaan Lomba Baca Puisi untuk pelajar dan umum ini mendapat tanggapan dari salah satu peserta lomba yang memiliki motivasi untuk menjadikan lomba tersebut sebagai wadah dalam mengembangkan potensi diri.
Salah satu peserta lomba Baca Puisi dari kalangan Umum, Mutia Ulvah mengaku, tidak memiliki pelatih khusus dalam persiapan menuju lomba ini. Mutia belajar secara mandiri melalui media sosial.
“Saya belajar otodidak dari media YouTube dengan mempelajari seniman puisi yang hebat,” ungkapnya.
Sebelumnya, pada 2021 yang lalu, Mutia juga mengikuti lomba baca puisi yang diselenggarakan Dispersip. Saat itu, ia meraih juara 2, Mutia berkesempatan mengikuti lagi lomba tahun ini karena salah satu persyaratannya hanya juara 1 tahun lalu yang tidak dapat kembali mengikuti lomba.
Hingga saat ini Mutia telah menciptakan dua buah puisi melalui lomba online tingkat Nasional yang berhasil dibukukan. 
Ia berharap ke depannya dapat menjadi penulis puisi yang mampu menciptakan buku puisi yang semua isinya merupakan karya sendiri serta mampu mengajak pemuda-pemudi dalam meningkatkan minat baca.
Adapun peserta yang mengikuti kegiatan Final Lomba Baca Puisi, merupakan 12 peserta terbaik pilihan dewan juri yang lolos dalam tahap awal seleksi melalui video rekaman yang diunggah di media sosial Instagram.

Jumlah 12 peserta yang dimaksud tersebut terdiri dari 6 peserta terbaik dari kategori pelajar dan 6 peserta terbaik dari kategori umum.
Peserta mendapatkan kesempatan untuk menampilkan hasil puisinya di depan para dewan juri secara langsung di Aula Dispersip.
Harapannya dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat memunculkan generasi muda yang hebat, cerdas dan gemar membaca.

RedWCM
  (Ajie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lain