Disdukcapil Tanbu Launching, Anjungan Dukcapil Mandiri ADM Di Kecamatan Simpang empat

WhatsApp-Image-2021-09-15-at-1.21.04-PM-768x512

( Lounching demo untuk mencetak Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik pada mesin ADM Oleh Asisten Admistrasi Umum Andi Aminudin  )

WARTACAKRAWALMEDIA.COM-Dinas Kependudukan dan catatan sipil Dukcapil kabupaten tanah bumbu, laksanakan Sosialisasi Peraturan Bupati No 7 Tahun 2021 Tentang Penduduk Non-permanen sekaligus melaunching mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)
dalam mewujudkan pelayanan masyarakat dalam pengurusan e-KTP, di Aula Kantor Kecamatan Simpang Empat, pada Rabu (15/09/2021).

Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat mencetak data kependudukan. Mulai dari Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA). Bahkan melalui ADM warga dapat mencetak dokumen kependudukan (KTP-el) dalam waktu hitungan menit.

Dalam laporannya Plt Kepala Disdukcapil, Gento Hariadi menyampaikan kegiatan ini merupakan langkah konkrit pihaknya dalam melalyani adminitrasi kependudukan bagi masyarakat yang berada di Bumi Bersujud.

“ADM mirip seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang dapat mempermudah la-yanan publik di Dukcapil yang selama ini terbilang sulit. Karena itu dengan ADM ini bias dilakukan pencegahan agar tidak terjadi menghindarkan dari memberi sesuatu kepada petugas, karena sangat minim kontak langsung dengan petugas apabila pelayanan adminduknya sudah menggunakan ADM,”Selanjutnya

Gento menjelaskan bahwa ATM Dukcapil atau ADM ini adalah inovasi yang dirancang khusus agar masyarakat bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, wujud revolusi layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) yang mentransformasikan semua pemikiran, perangkat, dan SDM ke dalam mesin yang mirip dengan ATM

( Sosialisasi Lounching Mesin ADM sejumlah Kades di Aula kecamatan Simpang empat )

Dengan ADM ini pelayanan adminduk khususnya pencetakan dokumen kependudukan bisa dilakukan dalam waktu 24 jam. Karena tidak dibatasi oleh jam kantor. Masyarakat bisa meyakini bahwa dengan ADM yang merupakan terobosan inovatif dari dukcapil ini maka pelayanan public pasti akan bertambah baik.

Pemerintah ingin layanan adminduk menjadi lebih mudah sehingga masyarakat antusias mengurus dokumen kependudukannya. ADM ini dibuat sebagai satu rangkaian dengan proses digitalisasi dukcapil. Rangkaian tersebut diawali dengan penerapan tanda tangan elektronik (TTE),

“Mesin ADM untuk Kabupaten Tanah Bumbu merupakan batuan dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, Kementrian Dalam Negeri di tahun 2020 sebagai reward pelayanan terbaik dan cakupan dokumen tertinggi kategori kabupaten kecil, di Kalsel hanya Kabupaten Tanah Bumbu dan Kota Banjarbaru yang punya. Ini pemberian tahun 2020 lalu,” tandasnya.

Ditempat yang sama, launching mesi “ATM” kependudukan ini turut dirangkai dengan Sosialisasi Penduduk Non-permanen dan ADM ini sejalan dengan adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi. Kegiatan dihadiri seluruh kepala desa induk dan persiapan di Kecamatan Simpang Empat.

Sementara itu Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar dalam sambutanya yang disampaikan Asisten Administrasi Umum Andi Aminuddin mengatakan bahwa dengan adanya Sosialisasi Penduduk Non permanen dan ADM ini sejalan dengan adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi.

Ditambahkannya bahwa dengan adanya ADM yang bisa mencetak KTP, KIA, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Kartu Keluarga ini merupakan terobosan yang memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Acara tersebut diakhiri dengan demo untuk mencetak Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik pada mesin ADM oleh Andi Aminuddin dan Camat Simpang empat serta seluruh kades, Rt, agar dapat dilihat berfungsi sistem dengan baik pada saat diuji.

 

(RedWCM)

Berita Lain