Kelompok Informasi Masyarakat? Simak Penjelasan Diskominfo SP Tanbu Tentang Kelompok Ini

Screenshot_1648722122545JPG

( FOTO BERSAMA: Jajaran Diskominfo SP Tanah Bumbu berfoto bersama usai menggelar Sosialisasi Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Simpang Empat – Foto Dok )

WARTACAKRAWALAMEDIA.COM – Apakah Anda pernah mengetahui atau mendengar tentang Kelompok Informasi Masyarakat atau yang disingkat KIM?

Kalau belum, hal inilah yang coba dikenalkan dan disosialisasikan oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tanah Bumbu kepada masyarakat.

Melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Diskominfo SP Tanbu memaparkan tentang KIM kepada para pegiat media sosial di daerah tersebut yakni Sabarataan Satu Keluarga (SSK), dan Forum Persahabatan Dalam Perbedaan (FPDP).
Kepala Diskominfo SP Tanbu, Ardiansyah diwakili Kabid IKP, Nadiharnadi menjelaskan, KIM merupakan sebuah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi serta pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan kebutuhanya.

Menurut pria yang akrab disapa Nadi ini, kelompok yang terbentuk atas inisiatif masyarakat ini melaksanakan kegiatannya sebagai agen perubahan di tengah masyarakat.

“Untuk membentuk KIM, anggotanya terdiri dari 3 sampai 30 orang laki-laki atau perempuan. Terdiri dari remaja, dewasa dan orang tua baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, pedagang, petani, nelayan, dan lain-lain,” paparnya dalam Sosialisasi Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Simpang Empat, Kamis (31/03/2022).

Dia mengatakan, masyarakat yang membentuk kelompok informasi tersebut bisa mengatasi persoalan bersama melalui akses dan pemberdayaan informasi.
“Dengan keberadaan KIM di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu diharapkan menjadi jembatan komunikasi atas penyambung lidah antara pemerintah daerah dan masyarakat,” sebutnya.

Diharapkan pula KIM dapat berkembang dengan dukungan pemerintah daerah untuk peningkatan kapasitas SDM yang dapat berperan serta berkontribusi besar akan keberhasilan program dan kebijakan pemerintah daerah demi menciptakan masyarakat yang cerdas akan informasi.

“Keberadaan KIM di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat berguna mengatasi persoalan yang tengah dihadapi dengan berbagai informasi yang didapatkan. KIM juga sebagai sarana berbagi informasi sesama anggota KIM, dan juga sarana sharing dengan masyarakat sehingga keberadaan KIM mampu mengatasi persoalan yang dihadapi masyarakat Tanah Bumbu di masing-masing wilayah tempat tinggal,” sebutnya.
Dalam sosialisasi tersebut disampaikan dasar pembentukan KIM, visi dan misi KIM, alur pembentukan, hubungan kelembagaan dan lainnya.

RedWCM
   (Ajie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lain