Desa Mustika Wakili Tanbu Pada Lomba Desa PHBS Kalsel

039042600_1615182209-Mi_11_ultra_gizchina
 
( LOMBA PHBS: Ketua PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Hj Wahyu Windarti Zairullah menghadiri Lomba Desa Ber-PHBS tingkat Provinsi Kalsel secara virtual )

WARTACAKRAWALAMEDIA.COM – Desa Mustika, Kecamatan Kuranji mewakili Kabupaten Tanah Bumbu pada lomba desa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Keikutsertaan Desa Mustika ini mendapat dukungan penuh dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Hj Wahyu Windarti Zairullah.

Bahkan, istri orang nomor satu di Bumi Bersujud ini berharap Desa Mustika mampu mewakili Kabupaten Tanah Bumbu untuk lomba di tingkat nasional nanti.

“Tentu kami berharap bisa menang dan mewakili Provinsi Kalimantan Selatan di tingkat Nasional,” harap Wahyu Windarti yang ditemui usai menghadiri Lomba Desa Ber-PHBS melalui virtual zoom meeting di ruang Digital Live Room, Selasa (12/10/2021) pagi.

Ia menuturkan dalam membangun sektor kesehatan, masyarakat diharapkan mampu berpartisipasi aktif dalam memelihara dan meningkatkan derajat kesehatannya secara mandiri, sehingga menjadi unsur yang berperan dalam pembangunan kesehatan.

Demi mencapai semua ini, tambah Wahyu Windarti, banyak faktor yang mempengaruhi. Faktor yang sangat besar pengaruhnya adalah faktor lingkungan dan perilaku masyarakat. Kondisi lingkungan yang tidak baik dan perilaku yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai penyakit selanjutnya dapat menurunkan kualitas sumber daya manusia.

“Untuk itulah diperlukan gerakan yang bersifat pemberdayaan masyarakat yang dikenal dengan PHBS ini. Dan kami pun terus menggerakkan kegiatan ini agar masyarakat kita tetap sehat dan bersih,” ujarnya.

Selain berharap meraih prestasi terbaik pada penilaian lomba PHBS ini, Wahyu Windarti juga menginginkan Desa Mustika memiliki esensi yang lebih penting dalam konteks pengembangan desa ber PHBS secara luas. Yakni, diharapkan masyarakat setempat dapat benar-benar menerapkan pola prilaku hidup bersih dan sehat sebagaimana indikator PHBS yang dimaksud.

“Kalau bisa desa ini menjadi contoh dan inspirasi bagi desa lainnya dalam upaya pengembangan dan kampanye perilaku hidup bersih dan sehat,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan Lomba Desa ber-PHBS tingkat Provinsi, Ketua TP PKK Tanah Bumbu Hj Wahyu Windarti, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Tanah Bumbu, Hj Hasnah Mashude Ambo Sakka, Dinas Kesehatan, Camat Kuranji, Ketua TP PKK Kecamatan Kuranji, Kepala Desa Mustika, Ketua TP PKK Desa Mustika dan dan Tim PHBS Desa Mustika.

 

(RedWCM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lain