350 Kader Ikuti Jambore Posyandu Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu

1B756D56-59CA-4756-AAE1-87EEF7A4C765-768x432

( SAMBUTAN : Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj Wahyu Windarti menyampaikan sambutan pada kegiatan Jambore kader Posyandu tingkat Kabupaten Tanah Bumbu )

WARTACAJRAWALAMEDIA.COM – Sekitar 350 kader Posyandu mengikuti Jambore Posyandu tingkat Kabupaten Tanah Bumbu yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) di Gedung Mahligai Bersujud, Kamis (04/11/2021) pagi.

Panitia lomba kader Posyandu dr Decky Atmaja dalam laporannya menyampaikan, lomba Jambore kader Posyandu ini diikuti sekitar 350 orang peserta. “Masing-masing kecamatan mengirim 6 grup perwakilannya untuk mengikuti lomba ini,” sebutnya.

Adapun lomba yang diikuti yaitu lomba pembuatan PMT, lomba pengisian KMS, lomba cerdas cermat, lomba penyuluhan, Lomba Yel-yel dan lomba penimbangan bayi.

“Dengan mengikuti lomba ini bisa menambah pengalaman dan memacu semangatnya untuk membantu masyarakat dalam layanan kesehatan, khususnya bagi balita, ibu hamil, menyusui dan pengunjung Posyandu,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj Wahyu Windarti menyampaikan kader Posyandu memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan pelaksana pendaftaran, penimbangan, pencatatan, melakukan penyuluhan, serta penggerakan sasaran Posyandu. “Kader Posyandu juga merupakan ujung tombak keberhasilan pelaksanaan Posyandu,” ujarnya.

( Penilaian : Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj Wahyu Windarti, Jambore Kader Posyandu, Peranan Penting Ujung Tombak Dalam Keberhasilan )

Menurutnya, keberhasilan Posyandu sebagai wahana alih informasi dan olah keterampilan bergantung pada kinerja masyarakat, terutama kadernya. Hal tersebut ditunjang dengan sarana yang digunakan serta petugas kesehatan sebagai pengelola program. Selain itu, kader perlu mendapat dukungan dari pemangku kepentingan di tingkat yang lebih tinggi.

“Saya harap kader berperan aktif dalam hal ini. Mengingat persoalan stunting dapat mengganggu produktivitas nasional dan mengancam masa depan generasi muda,” kata Wahyu Windarti.

Sesuai dengan tema kegiatan “Ayo Cegah Stunting Dengan ASI Ekslusif”, Wahyu Windarti menyatakan perlu upaya signifikan untuk menanggulangi stunting dengan memprioritaskan kegiatan intervensi spesifik dan intervensi sensitif pada 1.000 hari pertama kehidupan bayi hingga 6 tahun.

Dia menambahkan, kegiatan Jambore kader Posyandu ini bertujuan untuk memberikan penghargaan serta meningkatkan motivasi, wawasan dan pengetahuan kader dalam penyelenggaraan Posyandu.

Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar diwakili Kepala Dinas PMD, Samsir berharap melalui kegiatan ini dapat terbentuknya kader-kader unggul inovasi untuk terselenggaranya kegiatan Posyandu. “Sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa optimal,” ucapnya dalam sambutan.

Hadir dalam kegiatan beberapa Kepala SKPD, seluruh anggota TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu dan 350 orang peserta Jambore.

RedWCM
    (Ajie)

Berita Lain