Kementerian Hukum dan HAM Akan Tambah Pegawai Baru Untuk Ditempatkan di Lapas Kelas III Batulicin

IMG-20220329-WA0023

( PANTAU LAPAS: Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Kalsel, Lilik Sujandi melihat langsung kondisi Lapas Kelas III Batulicin – Foto Dok)

WARTACAKRAWALAMEDIA.COM – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) sudah menyiapkan penambahan pegawai baru untuk ditempatkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin.

“Pegawai baru tersebut sebentar lagi akan dilatih dan menjalani orientasi untuk ditugaskan di Lapas Batulicin sehingga nanti akan lebih optimal dalam pengamanan dan penjagaan Lapas dan Rutan,” ungkap Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Kalimantan Selatan (Kalsel) Lilik Sujandi BcIp SIp MSi saat melakukan kunjungan kerja perdana ke Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka peninjauan Lapas Kelas III Batulicin, Selasa (29/03/2022) siang.

Ke depan, kata Lilik, Lapas Batulicin juga membutuhkan sarana tempat tinggal untuk petugas Lapas, karena hal itu suatu kebutuhan yang sangat terintegrasi dengan fungsi pemasyarakatan.
Menurutnya, Pemerintah Daerah dalam hal ini kecamatan dan kabupaten tentunya akan menjadi mitra sangat elementer buat Kemenkum HAM.

“Bagaimanapun nantinya yang akan tinggal di sini adalah masyarakat Tanah Bumbu yang tentu kita harapkan tidak menjadi beban masyarakat setelah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mendapatkan kebebasan usai menjalani pidananya. Sehingga pengayaan fasilitas setelah bebas jadi sangat penting,” katanya.
Oleh karena itu, Lilik menegaskan akan meningkatkan sinergisitas dengan masyarakat dan juga Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

“Saya berharap pada saat bulan puasa ini kita sudah menyiapkan penambahan SDM dan pasca Lebaran sudah melakukan pengoperasionalan dan baru nanti kita akan menambah pemindahan narapidana yang ada di Lapas Kelas II A Kotabaru yang berdomisili di Tanah Bumbu ke Lapas Kelas III Batulicin ini,” ujarnya.

( CIUM TANGAN: Salah seorang warga binaan Lapas Batulicin mencium tangan Kepala Kanwil Kemenkum HAM Kalsel, Lilik Sujandi – Foto Dok)

Selain meninjau sarana dan prasarana di Lapas Kelas III Batulicin, Kakanwil Kemenkum HAM Kalsel juga mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin dan Balai Pemasyarakatan Kelas II Batulicin.
Lilik Sujandi mengatakan, kunjungan kerja ini untuk meninjau perkembangan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Lapas Kelas III Batulicin.

“Apa yang kita saksikan pada kunjungan kerja saat di Lapas Kelas III Batulicin hari ini sudah masuk standar dan memenuhi syarat untuk dihuni Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan uji coba operasioal dengan 6 orang WBP ini juga sudah cukup memberikan informasi bahwa fungsi perawatan dasar minimal dengan ketersedian air kemudian makanan dan pakaian itu semua sudah dapat dipenuhi,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, dalam hal konsep pemasyarakatan fasilitas pembinaan kemudian perawatan lanjutan setelah kebutuhan dasar terkhusus perlu dipikirkan. Sebagai contoh seperti poliklinik perlu diadakan ketersedian layanannya, kemudian ketersedian pemanfaatan area untuk pembinaan lainnya seperti pertanian akan ditingkatkan ke arah sana.

Pejabat dengan pangkat dua bintang di pundak ini pun menambahkan untuk ke depan Lapas Kelas III Batulicin akan disiapkan menjadi Lapas yang produktif berbasis kepada komoditi masyarakat setempat baik dalam perkebunan maupun pertanian.

“Seiring dengan waktu tentu akan kita lengkapi dengan ruangan-ruangan produktif yang berbasis keterampilan menciptakan suatu karya dan sebagainya,” katanya.

RedWCM
  (Ajie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lain