Pelaku UMKM Kecamatan Mantewe Ikuti Pameran Produk UMKM Yang Digelar Dispersip Tanah Bumbu

Screenshot_20220807-230223_Chrome~2

( STAND UMKM MANTEWE: Pelaku UMKM dari Kecamatan Mantewe ikut meramaikan pameran produk UMKM yang digelar Dispersip Tanah Bumbu – Foto Dok )

WARTACAKRAWALAMEDIA.COM – Pelaku UMKM dari Kecamatan Mantewe ikut berpartisipasi pada kegiatan Pameran Produk UMKM yang diselenggarakan Dinas Perpustaaan dan Kearsiapan Daerah (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (04/08/2022).

Rina dari Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Mantewe, fasilitator program YESS dan Ketua UMKM Mantewe, menyampaikan bahwa kegiatan pameran produk UMKM yang diselenggarakan oleh Dispersip Tanbu berbasis inklusi sosial ini telah memberi kesempatan secara terbuka kepada UMKM Kecamatan Mantewe sebagai peluang pengenalan produk-produk unggulan Mantewe.

“Dari Kecamatan Mantewe membawa produk berbasis pertanian, melalui para pelaku usaha khususnya para peserta program YESS yang telah menerima dana bantuan hibah kompetitif untuk pengembangan usahanya,” paparnya.

Program YESS sendiri, jelasnya, merupakan program pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan di sektor pertanian dari Kementerian Pertanian RI bekerjasama dengan Internasional Fund Agricultural Development, dengan sasaran para pemuda milenial berusia 17-39 tahun.

Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar tidak ingin melewatkan susur pameran tersebut. 
Dalam kunjungannya, Bupati Tanbu ditemani istrinya Hj Wahyu Windarti Zairullah serta Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando, yang diwakili Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Deni Kurniadi.

Bupati menghentikan langkah bersama tim untuk menanyakan tentang produk apa saja yang telah dipamerkan.

Kali ini Bupati Abah Zairullah turut serta membungkus berbagai jajanan kemasan alami, seperti minuman kemasan serbuk wedang jahe alami tanpa gula dan pengawet buatan, olahan buah pisang, kripik sukun dan lainnya.

Kepala Diskominfo SP Tanah Bumbu, Ardiansyah yang juga mantan Camat Mantewe mengungkapkan rasa bangga atas prestasi para pelaku UMKM, terkhusus pada masyarakat Mantewe.

Dengan kreativitasnya dalam mencipatakan produk-produk UMKM mereka dinilai mampu membawa pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa Mantewe menjadi semakin meningkat.

Produk UMKM dipamerkan sebagai bentuk salah satu usaha ekonomi produktif masyarakat desa, baik yang dimiliki perorangan maupun milik suatu badan usaha, sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang Nomor 20 tahun 2008 ataupun pada perubahan yang menyesuaikan.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu sendiri turut mendorong daya guna pemenuhan kesejahteraan masyarakat, melalui berbagai bantuan dan fasilitas pengembangan UMKM yang ada.

Tingginya persaingan pasar global hingga semakin naiknya kebutuhan masyarakat tidak menyurutkan langkah dan semangat para pelaku usaha UMKM dalam membangun ekonomi kreatif dan produktif dari berbagai ketekunan usaha dan keterampilan yang bisa diolah masyarakat di daerah.

RedWCM
   (Ajie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lain