Jelang Idul Adha Disdagri Tanbu Pastikan Harga Dan Stok Bapok Aman

IMG_20210713_081708
( WAWANCARA : Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian DISDAGRI Kabupaten Tanah bumbu H Deny Haryanto )

 

WARTACAKRAWALAMEDIA.COM – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) optimis stok dan harga Bahan Pokok (Bapok) di momen Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah aman dan terkendali.

Menurut Kepala Disdagri Kabupaten Tanbu H Deny Haryanto, keyakinan ini sendiri tentunya bukan tanpa alasan, hal itu dikarenakan pihaknya sudah melakukan pemantauan langsung kelapangan, baik itu di tingkat pedagang hingga pelaku distributor.

“Dari pantauan yang langsung kita kelapangan, secara umum harga Bapok masih relatif normal. Khususnya yang paling banyak dibeli masyarakat Sehari hari semisal gula, minyak goreng, tepung hingga beras,” ungkapnya, Senin (12/7/2021).

Kalau pun ada terjadi kenaikan hanya Bapok untuk jenis telur, daging ayam kampung, daging sapi, ikan laut peda dan tongkol.

Ada pun harganya sendiri untuk telur ayam kampung dari Rp2.500 perbiji menjadi Rp3.500 perbiji. Lalu daging ayam kampung dari Rp80.000 perkilogram menjadi Rp90.000 perkilogram. Kemudian daging sapi dari Rp130.000 perkilogram menjadi Rp140.000 perkilogram. Selanjutnya ikan peda dari Rp35.000 perkilogram menjadi Rp40.000 perkilogram. Terakhir ikan tongkol dari Rp30.000 perkilogram menjadi Rp35.000 perkilogram.

“Kondisi kenaikan ini dipicu karena banyaknya permintaan oleh siklus tahunan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional. Tapi kenaikan harga tersebut masih terbilang wajar,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini dirinya pun meminta pedagang untuk tidak menaikan harga diatas kewajaran dan mengingatkan masyarakat agar tidak melaksanakan aksi borong Bapok jelang momen Hari Raya Idul Adha.

“Hal ini tentunya penting agar harga dan stok Bapok bisa tetap aman,” tukasnya.

(RedWCM)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lain