Gapoktan Desa Sumber Baru Peringati Hari Pangan Sedunia

Screenshot_20221027-103823_Chrome~2

( HARI PANGAN SEDUNIA: Gapoktan Desa Sumber Baru bersama pembina program IPMDIP serta petugas PPL Desa Sumber Baru menggelar peringatan Hari Pangan Sedunia – Foto Dok )

WARTACAKRAWALAMEDIA.COM – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Sumber Baru, Kecamatan Angsana didampingi pembina Integrated Participatory Divelopment and Management of Irrigation Program (IPMDIP) serta petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Sumber Baru menggelar peringatan Hari Pangan Sedunia ke-42 tahun 2022 di Posluhdes Makmur Lestari, Selasa (25/10/2022).

Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-42 ini mengusung tema “Leave No One Behind, Better Production, Better Nutrition, Better Environment and a Better Life”.

Untuk rangkaian acara yang dilaksanakan yakni panen raya padi program IPDMIP tahun 2022, final lomba cepat tepat kelompok tani, syukuran panen sedekah bumi dan pameran produk pertanian.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu, H Khairudin melalui Sekretaris DKPP Lamijan menyampaikan selamat dan sukses atas peringatan hari pangan sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober dan kini telah diperingati secara intensif oleh Kelompok Tani Desa Sumber Baru.

“Mereka punya kepedulian terhadap peringatan hari pangan sedunia ke-42 dan tegas kita DKPP Tanah Bumbu selaku pembina dan pendukung kegiatanm tentunya hal seperti ini yang kita harapkan timbul adanya karakter kemandirian para kelompok tani baik itu Poktan Maupun Gapoktan di Tanah Bumbu,” ujar Lamijan.

Menurutnya, ketika petani punya kemandirian maka artinya selama ini pendampingan dan pembinaan Pemerintah Daerah tersebut disambut baik oleh mereka. Termasuk dalam mengikuti sekolah lapangan dalam program IPDMIP, paling tidak katakanalah harga 100 persen kebersihan dari mereka punya inisiatif 50/70 persen dari itu.

“Intinya hari pangan sedunia ini membawa tema kebersamaan karena kondisi sekarang ini bangsa Indonesia sangat bersyukur berada dalam kondisi swasembada pangan,” pungkasnya.

Sementara itu, Saiful Huda yang tergabung dalam Kelompok Tani Gayuh Rukun menerangkan bahwa kegiatan kali ini digelar atas inisiatif PPL Desa Sumber Baru bersama semua kelompok petani maupun Pembina Gapoktan.

Dia mengatakan, setiap tahun pada bulan Oktober, para petani selalu menggelar syukuran kecil-kecilan dan baru kali ini acara terselenggara dengan meriah.

Menurutnya, program IPDMIP ternyata cukup populer di kalangan petani dan nyatanya menjadi kebanggaan petani, karena apa yang kelompok tani pelajari selama ini dalam program IPDMIP ternyata sangat penting dan bermanfaat.

“Bisa mendapat ilmu dari sekolah lapangan adalah hal luar biasa bagi kami pada petani untuk menambah pengetahuan, di antaranya bisa mempelajari dan paham tentang pengendalian hama menggunakan agen hayati dan menggunakan pestisida hayati dalam penumpukan berimbang,” ucap Huda yang juga selaku ketua kelas sekolah lapangan program IPDMIP Desa Sumber Baru.

Tentunya, kata dia, hal ini berimbas pada produksi padi yang mengalami peningkatan 4 ton bahkan lebih per hektarnya,

“Kami terapkan ilmu dan program IPDMIP sehingga penghasilan pertanian juga bertambah,” terang Huda.

Salah satu bentuk kemandirian petani adalah dengan melakukan kreativitas hasil taninya dengan memproduksi kemasan beras dan berkreasi membuat bioveria basiana yakni insektisida biologus berupa jamur yang bekerja patogen mengendalikan serangan hama sesuai ilmu program IPDMIP.

Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-42 Tahun 2022 ini dihadiri oleh DKPP Tanah Bumbu, tim Pembina IPDMIP Tanah Bumbu, PPL Sumber Baru, unsur Forkopimda dan pejabat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, Camat, Koramil dan Polsek Kecamatan Angsana dan kurang lebih turut serta 100 petani Desa Sumber Baru.

RedWCM
  (Ajie)

Berita Lain