Dorong Kreativitas dan Inovasi Warga, Dinas PMD Tanbu Gelar Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna

Screenshot_1648541143149JPG

(LOMBA INOVASI TTG: Salah satu peserta Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang digelar Dinas PMD Tanbu menampilkan hasil karyanya kepada tim penilai dan para penonton – Foto Dok )

WARTACAKRAWALAMEDIA.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG), Selasa (29/03/2022) di Gedung 7 Februari, Kecamatan Kusan Hilir.

Lomba ini digelar untuk mendorong kreativitas dan inovasi di masyarakat.

“Selain itu lomba juga digelar untuk memasyarakatkan pemanfaatan TTG yang sudah ada untuk peningkatan produkltivitas dan perekonomian masyarakat, serta meningkatkan pemanfaatan TTG menuju keunggulan kompetitif daerah,” kata Penggerak Swadaya Masyarakat dari Dinas PMD, Alipin.

Alipin menjelaskan, tema yang diambil dalam lomba adalah mewujudkan bersama kreativitas dan kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan sumberdaya alam lokal.
Dia menyampaikan kehadiran inovasi TTG selama ini dapat menjawab permasalahan dan kebutuhan dalam berbagai bidang yang ada di masyarakat.
Kehadirannya juga dapat dimanfaatkan masyarakat dengan mudah, memiliki nilai tambah dari segi ekonomi, juga ramah lingkungan.
Dalam ajang itu juga diharapkan terjadi transfer ilmu dan keahlian antar pegiat TTG untuk peningkatan kualitas dan pendayaguaan TTG di masa akan datang dalam program pemberdayaan masyarakat di Bumi Bersujud.
Sebagai informasi, ada 6 peserta yang mengikuti lomba yang berasal dari 5 kecamatan dan 1 dari Politeknik Batulicin. Mereka menampilkan inovasi TTG seperti mesin pencacah pakan ternak, pemipil jagung, pembuat tusuk sate dan alat lainnya.

RedWCM
   (Ajie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lain