Wabup Tanah Bumbu Terobos Hutan, Lihat Potensi Air Terjun Batis Langkupan

IMG-20210910-WA0069
( AIR TERJUN : Wakil Bupati Tanah Bumbu M Rusli dan rombongan berfoto bersama dengan latar belakang air terjun Batis Langkupan 

BORNEOTREND.COM – Raungan suara mesin puluhan sepeda motor trail menggema keras di tengah hutan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Jumat (10/9/2021).

Ternyata suara itu berasal dari rombongan Wakil Bupati Tanah Bumbu, M Rusli yang sedang melakukan ekspedisi wisata di wilayah hutan tersebut. 

Rombongan wabup tak patah semangat memutar pedal gas kendaraannya meski melintasi jalan berliku, terjal dan ekstrim serta menyeberangi sungai setinggi satu meter.

Mereka pantang menyerah melintasi beragam rintangan dan hambatan selama 6 jam tanpa sedikitpun beranjak dari jok trailnya. 

Petualangan di dalam hutan ini dilakoni demi mengeksplor sebuah objek wisata air terjun yang berada di Desa Sejahtera Mulia, Kecamatan Satui yakni Air Terjun Batis Langkupan.

( Wabup : HM Rusli Explor Objek Wisata Air Terjun Batis Langkupan, Terabas Menyeberangi Sungai Tandui )

Air terjun setinggi 40 meter ini terletak di tengah hutan, sekitar 20 kilometer lebih dari ibukota Kecamatan Satui yang merupakan sebuah destinasi tersembunyi dan memiliki pesona indah yang sangat memikat siapapun jika mampu mengunjungi. 

Muhammad Rusli mengungkapkan sengaja melakukan ekspedisi wisata ini demi mengeskplor destinasi yang belum terjamah wisatawan ini untuk dikembangkan. 

Menurutnya, wisata air terjun ini sangat berpotensi untuk dijual ke dunia luar, bahkan internasional karena sungguh menakjubkan.

“Kita berharap pemerintah kabupaten merespon pengembangan destinasi ini menjadi tujuan wisata,” ucapnya usai melepas lelah setelah menempuh perjalanan panjang menuju Air Terjun Batis Langkupan.

Wabup menegaskan, yang perlu diperhatikan dalam pengembangan wisata ini adalah pembangunan infrastruktur, khususnya akses jalan, jembatan dan sarana prasarana penunjang lainnya.

( AIR TERJUN : Wakil Bupati Tanah Bumbu M Rusli dan rombongan berfoto bersama dengan latar belakang air terjun Batis Langkupan )

“Saya yakin di Kalsel baru ini yang pertama ditemukan air terjun setinggi ini. Sangat luar biasa, pesonanya memikat hati untuk mengunjungi tempat ini,” lanjutnya.

Ia mengaku kagum dengan air terjun ini. Rasa lelahnya selama perjalanan terbayarkan setelah menikmati eksotisnya pemandangan, indahnya keasrian hutannya dan sejuknya aliran air terjun.

“Insya Allah akan kita kembangkan. Segera diprioritaskan membuka akses menuju tempat wisata. Jika perlu dibangun jalan baru yang bisa memangkas jarak tempuh,” tegasnya.

Rusli optimis, jika destinasi ini dibuka untuk umum, dengan kondisi jalan yang nyaman dan aman, para pelancong akan berdatangan dan merasakan kepuasan setelah menikmati rekreasi di air terjun ini.

“Dengan akses jalan yang nyaman, tentu akan memudahkan wisatawan berkunjung, baik lokal maupun mancanegara,” pungkasnya.

Air Terjun Batis Langkupan memiliki potensi wisata yang cukup tinggi, yakni karakteristiknya yang berbeda dengan wilayah lain. Jika ke depannya dikembangkan, wisata ini akan menjadi ikon baru pariwisata di Bumi Bersujud.

Turut dalam ekspedisi wisata itu Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Andi Asdar Wijaya, Camat Satui, Abdul Rahim dan sejumlah pejabat SKPD di lingkungan Pemkab Tanah Bumbu.

 

(RedWCM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lain