RS MARINA PERMATA BUKA PELAYANAN SERTIFIKAT KESEHATAN BAGI PELAUT

IMG-20210628-WA0005-768x576
( Photo Bersama ; kegiatan jajaran Direksi RS.Marina Permata dan kantor kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan KSOP kelas III Kotabaru Batulicin )

 

WARTACAKRAWALAMEDIA.COM – Sebagai bentuk komitmen meningkatkan pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Marina Permata telah membuka pelayanan sertifikasi Pembukaan Medical Check-Up (MCU) Pelaut yang berlangsung di Rumah Sakit Marina Permata, Senin (28/06/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Jajaran Direksi RS. Marina Permata dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin.

Direktur RS. Marina Permata, dr. Sulaiman Umar melalui Wakil Direktur Medik, dr. Siti Aisyah, MARS dalam kesempatannya kepada awak media mengatakan bahwa Rumah Sakit Marina Permata telah ditetapkan dan tunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk menangani MCU bagi para pelaut.

“Oleh karena itu RS. Marina Permata menjadi Rumah Sakit pertama di Tanah Bumbu yang menyediakan pelayanan MCU bagi para pelaut,” sebutnya.

Ia juga menambahkan bahwa hal tersebut diraih setelah melalui beberapa prosedur yang sudah ditetapkan seperti administrasi, visitasi, serta pengembangan SDM di RS. Marina Permata.

“Ada proses yang harus kita lalui dan jalani, artinya tidak serta-merta bisa mengadakan walaupun fasilitas rumah sakitnya lengkap,” jelasnya.

Kemudian Manager Pelayanan Medik RS. Marina Permata, dr. Dwi Kartika menambahkan bahwa sertifikat kesehatan bagi pelaut merupakan aspek penting yang harus dipenuhi sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 40 Tahun 2019 tentang Pemeriksaan Kesehatan Pelaut, Tenaga Penunjang Keselamatan Pelayaran, Dan Lingkungan Kerja Pelayaran.

“Dalam melaksanakan tugasnya pelaut tentu harus sehat, karena mereka bekerja di tengah laut jadi dalam pemeriksaan kesehatan harus dinyatakan benar-benar sehat demi keselamatan pelaut itu sendiri,” jelasnya.

Sementara itu Kepala KSOP Kelas III Kotabaru–Batulicin, Agus Sularto mengatakan bahwa dirinya sangat menyambut baik dengan dibukanya pelayanan MCU bagi pelaut di RS. Marina Permata.

Menurutnya hal tersebut dapat memberikan kemudahan dari segi waktu yang lebih efisien.

“Dengan ini para pelaut di sekitar Tanah Bumbu ataupun Kotabaru tidak perlu lagi jauh-jauh untuk MCU ke Banjarmasin dan cukup di Rumah Sakit Marina Permata,” ujarnya.

Ia berharap kerjasama antara KSOP Kelas III Kotabaru–Batulicin dengan RS. Marina Permata dapat terus terjalin dengan baik guna memberikan manfaat serta pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Disamping membuka pelayanan MCU bagi para pelaut, di hari yang sama RS. Marina Permata juga membuka pelayanan Rapid Antigen To Go.

“Di tengah pandemi, kita juga memberikan pelayanan tambahan bagi masyarakat yang ingin melakukan Rapid Test Antigen, jadi kita lakukan jemput bola sehingga kami yang datang ke tempat atau rumah mereka tanpa mereka harus datang ke rumah sakit,” jelas dr. Dwi. 

 

(RedWCM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lain