Provinsi Kalsel Ditunjuk Jadi Pilot Project Lomba JIKN

Screenshot_20220615-133628_WhatsApp~2

( KUNJUNGI DISPERSIP TANBU: Kabid Pembinaan dan Pelayanan Kearsipan Dispersip Kalsel Dra Chozanatun Nisatim dan jajaran mengunjungi Dispersip Kabupaten Tanah Bumbu – Foto Dok )

WARTACAKRAWALAMEDIA.COM – Provinsi Kalimantan Selatan ditunjuk sebagai pilot project lomba Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN).

Untuk mempersiapkan pelaksanaan lomba ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel berkoordinasi dengan jajaran Dispersip di 13 Kabupaten/Kota agar mereka lebih mengaktifkan simpul Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) yang ada di Kalimantan Selatan.

Untuk langkah pertama, Dispersip Kalsel mengunjungi Dispersip Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (14/06/2022) terkait masalah koordinasi SIKN dan JIKN ini.

“Kedatangan tim kami dari provinsi adalah untuk menyampaikan bahwa saat ini Provinsi Kalsel telah ditunjuk sebagai salah satu pilot project lomba JIKN. Oleh karena kami ingin mengaktifkan JIKN yang ada di Kalimantan Selatan,” sebut Kabid Pembinaan dan Pelayanan Kearsipan Dispersip Kalsel, Dra Chozanatun Nisa didampingi tim teknis Muamar SH selaku Arsiparis Ahli Muda.

Dikatakan, untuk dapat mengikuti lomba tersebut, Pemerintah Kabupaten/Kota disyaratkan dapat mengupload koleksi arsip statisnya ke SIKN paling tidak sebanyak 500 arsip.

Kedatangan tim dari Dispersip Kalsel disambut langsung Kabid Kearsipan Hj Noryana mewakili kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanbu, Yulia Rahmadani.

Menurut Hj Noryana, Tanah Bumbu saat ini masih proses belajar mendalami SIKN dan JIKN, karena beberapa kali percobaan upload mengalami kendala gangguan server.

Saat ini, sambungnya, untuk koleksi arsip statis yang nantinya akan diupload ke SIKN sudah memiliki daftar arsip statis dan di tahun ini juga sedang melaksanakan kegiatan akuisisi arsip statis pada Kecamatan, yang mana dari kegiatan akuisisi tersebut akan menambah koleksi arsip statis yang sudah ada, dan itu juga bisa dijadikan bahan untuk diupload ke SIKN.

Kesempatan kunjungan ini dimanfaat sebaik mungkin oleh Dispersip Tanah Bumbu dengan banyak berdialog dan sharing tentang SIKN dan JIKN ke depannya. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktik dan percobaan mengakses dan mengupload beberapa arsip statis Dispersip Kabupaten Tanah Bumbu yang dipandu oleh tim Dispersip Provinsi Kalsel Muamar SH dengan melakukan uji coba melalui akun latihan mengingat masih terkendala adanya ganggungan server SIKN/JIKN dari pusat karena adanya peralihan server lama ke server baru. 

“Mudah-mudahan dalam satu minggu ini sudah bisa aktif,” jelas Kabid Kearsipan Provinsi Dra Chozatun Nisa.

RedWCM
   (Ajie)

Berita Lain