Menuju Serambi Madinah, Rumah Tahfizd Mahabbatul Qur’an Targetkan Cetak Santri Berkualitas

IMG20210627101338
( SIMBOLIS : Photo Bersama Para Santri Tahfizd Mahabbatul Qur’an )

 

WARTACAKRAWALAMEDIA.COM) – Rombongan Rumah Tahfizd Mahabbatul Qur an Desa Sidomulyo blok A2 kecamatan Mantewe Tanah Bumbu tour dan ziarah kemakam Para Wali Allah, tokoh ulama, Kyai dan Habaib yang berlokasi di wilayah Provinsi Kalsel,Sabtu ( 26/6/2021).

Pada kunjungan dan ziarah ke sejumlah makam itu, dan rombongan Ziarah Rumah Tahfizd Mahabbatul Qur an yang di ikuti sejumlah para santri dan di dampingi orang tua Wali Tahfizd Al Qur’an.

Adapun tujuan pada kegiatan ziarah oleh rombongan ini, dalam rangka mengenali sejumlah para Wali dan Aulia Allah yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan pada khususnya. 

Dalam kegiatan Ziarah kesejumlah makam para pemuka agama atau wali Allah, jumlah Jemaah Santri Tahfidz Mahabbatul Qur’an yang didampingi oleh para orang tuanya sebanyak 87 orang, diantaranya 16 orang santri putra dan 15 orang putri , selebihnya pendamping para santri.

Ziarah kali ini, para santri lebih utama mengunjungi makam Syeh Muhammad Arsyad bin Muhammad as’at yang berkubah di Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu.

Kemudian para Santri dan rombongan melanjutkan perjalanan kembali untuk melaksanakan sholat Zuhur berjamaah di Masjid Al Kautsar desa Se Kapuk Kecamatan Angsana masih dalam lokasi Kabupaten Tanbu.

Para Santri tidak hanya mengunjungi para wali yang bermakam di Tanbu, namun rombongan juga mempunyai niat untuk mengunjungi tempat – tempat keramat para wali lainnya, seperti makam Habaib Hamid bin Abbas bahasyim atau dikenal sebutan habib Basirih adalah seorang ulama Banjar yang makamnya berlokasi di wilayah Banjar Selatan serta KH Zuhdiannor atau lebih di kenal masyarakat Kalimantan Selatan dengan nama Guru Zuhdi yang makamnya berada dalam lingkungan Masjid Jami Banjarmasin.

Setelah mengunjungi sejumlah makam – makam ulama, rombongan melanjutkan perjalanan lagi menuju makam Datuk kelampayan dan makam ulama karismatik Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-banjari yang sangat di kenal oleh dunia merupakan seorang ulama dan tokoh kharismatik serta populer.

Pada saat dikonfirmasi Media ini, Ketua Rumah Tahfizd mahabbatul Qur an desa Sidomulyo kecamatan Mantewe Sugito Melalui Guru Pengajar santri, Eko Pri utomo menyebutkan, bahwa Rombongan Ziarah ke makam para Wali Allah, Habaib dan para Kyai atau Ulama, supaya para Santri Tahfidz ini dapat makam para wali dan tokoh ulama di Kalsel, selain itu , supaya para santri nantinya dapat memiliki kemampuan dalam hafalan ayat suci Al Qur’an.

Menurut Eko, bahwa usia dini merupakan usia yang sangat potensial untuk menyerap ilmu pengetahuan bidang agama, sehingga Kedepan pendidikan agama Islam di daerah ini lebih berkualitas dan bisa tercipta para generasi selanjutnya.

Perlu diketahui, proses belajar mengajar agama dan penghapal Al Qur’an bagi para murid Santri, Guru Pengajar Eko masih memanfaatkan rumah tinggalnya untuk di jadikan tempat Tahfiz Al Quran.

Pengajaran Rumah Tahfizd,di akui Eko , untuk saat ini Santri Putra masih di tempat kan di samping bangun rumah nya , kemudian untuk santri putri di Misjid , nanti nya mengharapkan setiap lulusan nya punya keahlian dibidang keagamaan, termasuk hafal Al-Qur’an.

“Hal ini tidak bisa seluruhnya sebagianpun sudah cukup memadai sebagai tanda keunggulan hafalan Al Qur an Tanbu,” kata Eko

“Rumah Tahfidz mahabbatul Qur’an Desa Sidomulyo mulai berdiri sejak September 2020 yang lalu, karena hal ini sesuai dengan Visi misi Program Bupati Tanah Bumbu, untuk menuju kota serambi Madinah.

Namun dari semua pelaksanaan kegiatan Ziarah yang dilakukan oleh para Santri dan rombongan pada saat itu, tetap mentaati aturan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid -19.

 

(RedWCM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lain