Bupati Tanbu Beri Penghargaan Geospasial Sekaligus Launching Inovasi “Simple Plan”

Screenshot_20231014-155535_Chrome

SERAHKAN SERTIFIKAT: Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar menyerahkan sertifikat penghargaan Geospasial – ( Foto Dok Humas Pemkab Tanbu )

WARTACAKRAWALAMEDIA.COM – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar memberikan penghargaan Geospasial 2023 kepada perangkat daerah di lingkup Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) sekaligus launching inovasi “Simple Plan” di Ruang Rapat Bersujud, Kantor Bupati Tanbu, Senin (9/10/2023).

Adapun penerima penghargaan geospasial tingkat perangkat daerah Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2023 yaitu, terbaik 1 Dinas Perikanan, terbaik 2 Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan terbaik 3 Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Bupati mengatakan penghargaan yang diberikan ini sebagai bentuk motivasi dan penghargaan dari pemerintah daerah atas kinerja yang dilakukan.

“Motivasi dan semangat dalam diri ini jangan pernah padam,” ujar Bupati.

Berkaitan dengan data, Bupati berharap agar memanfaatkan data dengan sebaik-baiknya secara menyeluruh, baik untuk pembangunan maupun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Data itu penting. Misalnya di desa, kita harus tahu jumlah penduduk, berapa yang berusia tua, dewasa, usia sekolah, dan balita. Berapa ekonomi masyarakat yang bagus, setengah bagus, dan miskin,” sebutnya.

Data tersebut harus ditindaklanjuti dengan serius oleh pihak terkait bagaimana merubah nasib masyarakat dari miskin menjadi sejahtera. Dari yang belum bekerja menjadi bekerja. Bahkan tingkat pendidikannya harus diperhatikan dengan serius.

“Data yang sudah ada ini harus kita pertajam dan masksimalisasikan. Mulai dari proses mendata, mengkaji, dan memanfaatkan data tersebut,” katanya.

Menurut Bupati, data merupakan kunci dari keberhasilan bahwa kita mampu melaksanakan amanah yang sudah di berikan Allah SWT kepada kita.

Kepala Bappedalitbang Tanbu, Anwar Sadat mengatakan penghargaan geospasial tingkat perangkat daerah merupakan bagian dari sebuah komitmen yang kuat terhadap pengembangan informasi geospasial di Kabupaten Tanah Bumbu berdasarkan PP Nomor 45 tahun 2021 tentang penyelenggaraan informasi geospasial, Perpres 27 tahun 2014 tentang jaringan informasi geospasial nasional serta Perbup Nomor 47 tahun 2022 tentang Satu Data di Tanah Bumbu.

“Kegiatan ini merupakan penghargaan serta pemberian apresiasi kepada SKPD dan admin pengelola geospasial yang telah melakukan pengolahan serta pengelolaan informasi geospasial dengan 3 indikator penilaian yaitu kuantitas data spasial prioritas yang di unggah, ketepatan waktu dalam pengunggahan data, serta kesesuaian data spasial dengan metodologi penyusunan Katalog Unsur Geografis Indonesia (KUGI) ISO 19110:2015,” ujarnya.

Selain kegiatan penghargaan geospasial tingkat daerah, juga dilaksanakan kegiatan launching inovasi daerah Sarana Implementasi perencanaan berbasis spasial untuk percepatan pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu disingkat dengan nama “Simple Plan”.

Inovasi ini seluruh masyarakat memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan melalui Simple Plan ini.

Hal ini tentu akan memberikan kemudahan bagi SKPD dalam menginventarisasi serta menganalisis usulan tersebut untuk selanjutnya menjadi salah satu dasar pengambilan keputusan dalam penyusunan dokumen perencanaan daerah

( RedWCM )

Berita Lain