Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu Lantik 36 Anggota Panwaslu Kecamatan

20221028_101105

( PELANTIKAN: Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu H Kamaludin Malewa melantik 36 orang anggota Panwaslu Kecamatan – Foto Dok )

WARTACAKRAWALAMEDIA.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan acara pelantikan sekaligus pengambilan sumpah janji anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan sekaligus pembekalan untuk Pemilu Serentak 2024 di ruang Seroja, Hotel Eboni, Jumat (28/10/2022).

“Alhamdulillah hari ini ada sebanyak 36 orang pengawas kecamatan yang diambil sumpah jabatanya,” kata Ketua Bawaslu Tanah Bumbu, H Kamaludin Malewa SE MAP.

Dia mengatakan, dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, nanti akan ada tiga orang petugas Panwaslu yang bertugas pada satu kecamatan untuk mengawasi jalannya Pemilu Serentak 2024.

H Kamaludin menjelaskan, anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik telah menjalani proses seleksi petugas pengawas serta seleksi administrasi berupa psikotes dan wawancara sesuai amanah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Adapun tugas Panwaslu Kecamatan sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 pasal 105 adalah mencegah terjadinya pelanggaran dengan cara penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa proses pemilu.

“Pertama mereka melakukan koordinasi dengan instansi Pemerintah Daerah. Artinya ketika Panwaslu Kecamatan ini bertugas maka kami sangat mengharapkan unsur-unsur lainnya dapat bekerja sama dengan pengawas Kecamatan agar mereka dapat melakukan tugasnya secara maksimal,” ujarnya.

Yang kedua, lanjut dia, petugas Panwaslu Kecamatan juga memiliki tugas untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu di wilayah kecamatan.

“Selanjutnya tugas lain adalah mengawasi netralitas yang dilarang oleh undang-undang dan peraturan untuk ikut serta terlibat dalam kegiatan,” sebutnya.

Keempat, anggota Panwaslu Kecamatan memiliki kewenangan untuk menginformasikan awal dugaan pelanggaran pemilu di wilayah kecamatan kemudian memeriksa pelanggaran Pemilu tersebut untuk disampaikan kepada Bawaslu Kabupaten.

( TANDA TANGAN: Perwakilan anggota Panwaslu Kecamatan menandatangani berita acara pelantikan – Foto Dok )

Ketua Bawaslu Kalsel Azhar Ridhanie melalui Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalsel, T Dashya K Saputra MAP mengucapkan selamat atas dilantiknya seluruh anggota Panwaslu Kecamatan.

“Tahapan Pemilu adalah proses, sehingga diperlukan kerja yang profesional bagi anggota Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik. Diingatkan bagi petugas Panwaslu Kecamatan yang terpenting saat bertugas adalah menjaga keselamatan serta penting juga menjaga kesehatan saat bertugas setiap waktu,” tegasnya.

Ketua Bawaslu kemudian mengajak anggota Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik untuk meluruskan niat dengan ikhlas saat bertugas, bersirnergi dan profesional sehingga tugas yang dikerjakan menjadi ibadah pahala yang berlimpah. 

“Terakhir momen pelantikan Panwaslu Kecamatan berbarengan peringatan Hari Sumpah Pemuda sehingga dengan semangat Sumpah Pemuda, kita harapkan anggota Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik menjadi orang terpilih sebagai anak bangsa, bertanggung jawab dalam melakukan tugas dan selamat bertugas,” pungkasnya.

Hadir saat acara pelantikan ketua KPUD Tanah Bumbu Kementerian Agama Seluruh Camat Kesbangpol, Danramil Setanbu, Kapolsek Setanbu dan perwakilan Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan.

RedWCM
   (Ajie)

Berita Lain